Minggu, 25 Desember 2011

IMM Peringati Hari Anti-Korupsi


Sumpah Mahasiswa Indonesia
Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Bertanah Air Satu Tanah Air Tanpa Penindasan

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Berbangsa Satu Bangsa Yang Gandrung Akan Keadilan

Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah
Berbahasa Satu Bahasa Tanpa Kebohongan

“66  Tahun Negara sudah merdeka, kepemimpinan pun silih berganti namun tanda-tanda kesejahteraan belum nampak dengan jelas dipermukaan ibu pertiwi. Jeritan dan tangisan rakyat akibat kelaparan menghiasi pelosok negeri ini. Negeri yang kaya alamnya namun miskin penduduknya. Penegakan hukum hanyalah bangunan-bangunan yang bersifat formalitas dan tak mampu merealisasikan dan menegakkan keadilan. Penguasa hanya pintar bersilat lidah dan menaburkan janji dan mimpi kosong belaka. Kian hari kita dililit utang akibat mengakarnya korupsi di negeri ini”

Hari Anti-korupsi yang diperingati setiap sembilan desember bergaung kembali di bumi makassar. Jum’at, 09 desember 2011 lalu PC IMM Kota Makassar bersama dengan beberapa organisasi kemahasiswaan lainnya di Makassar melakukan aksi unjuk rasa. Fakta bahwa Indonesia tidak memiliki perkembangan penyelesaian kasus korupsi ke arah yang positif adalah hal yang menjadi wacana utama para demonstran.
Adapun isu yang disuarakan dengan tegas oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah PC Kota Makassar kepada Pak SBY adalah:
  1.  Memberhentikan para penegak hukum khususnya Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI yang selama ini lemah dalam menindaki kasus korupsi dan institusi-institusi yang menjadi sarang koruptor
  2. Menuntaskan kasus Bail Out Bank Century
  3. Menuntaskan kasus BLBI
  4. Menuntaskan Kasus Nazaruddin sepeti wisma atlet dan hambalang
  5. Menuntaskan kasus mafia pajak Gayus Tambunan
  6. Menuntaskan kasus Suap cek pelawat pemilihan Deputi Senior BI
  7. Menyelidiki Rekening “gendut” Kepolisian RI
  8. Menuntaskan Kasus Suap Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  9. Menuntaskan kasus korupsi Hibah Kereta Api di Kementrian Perhubungan
  10. Menuntaskan Korupsi pengadaan solar home system (SHS) di Kementerian ESDM
  11. Menuntaskan kasus korupsi sektor kehutanan khususnya di Pelalawan Riau
  12. Menuntaskan kasus mafia anggaran berdasar laporan Wa Ode Nurhayati
  13. Menuntaskan korupsi sektor migas dan tambang yang melibatkan Freeport Newmont dan Innospec
  14. Menuntaskan kasus korupsi ibadah haji dalam Kementrian Agama
Ditemui di Mabes PC IMM Kota Makassar, Jln Lompobattang 201, Ketua Bidang Hikmah, IMMawan Munawir Mihsan menuturkan bahwa dari tahun ke tahun kasus-kasus korupsi terus membumbung tinggi tanpa adanya upaya penyelesaian dari pihak terkait. Pemerintahan SBY yang selalu diisi dengan nyanyian untuk mewujudkan pemerintahan bersih pun sangat jauh dari harapan, bahkan dapat dikatakan bahwa itu adalah omong kosong belaka.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Umum DPD IMM Sulawesi Selatan, IMMawan Razikin Juraid mengatakan bahwa hari anti korupsi tahun ini diperingati dengan melakukan dialog secara khusus dengan Ketua KPK yang baru, Bapak Abraham Samad sebelum pelantikannya. Dialog yang dihadiri organisasi kemahasiswaan lain seperti KAMMI dan PMKRI menghasilkan fakta integritas terhadap ketua KPK baru tersebut yang diantaranya komitmen untuk menuntaskan kasus korupsi yang selama ini berlarut-larut.
Beliau juga menambahkan bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang merupakan organisasi Islam senantiasa berperan aktif dalam menumbuhkan budaya anti-korupsi. Budaya jujur dan amanah dimulai dalam tingkat struktural yakni dalam pengelolaan organisasi hingga terbangun pola kepemimpinan yang tidak manipulatif dan jauh dari money politic.

Akhirnya, semoga pergerakan mahasiswa sembilan desember tahun ini menjadi gerakan yang sarat akan nilai-nilai humanitas sesuai dengan nilai yang dibawa oleh IMM serta pergerakan ini bukanlah menjadi rutinitas demonstrasi belaka. Perjuangan yang lahir dari ketulusan diharapkan dapat mengantarkan pemerintah pada kesadaran untuk menuntaskan kasus-kasus korupsi hingga kesejahteraan rakyat dapat terbangun.
Billahi fii sabilil Haq
Fastabiqul Khairat.


Oleh: IMMawan Munawir Mihsan 
         Ketua bidang Hikmah PC IMM Kota Makassar

Di edit oleh IMMawati Nur Syamsi Dhuha
Ketua bidang MPT PC IMM Kota Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar